PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “PROBLEM BASED LEARNING (PBL)” PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT AL MAWADDAH WARRAHMAH KOLAKA

Penulis

  • Jum Astuty Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Muhammad Asra Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Nurhayati Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di SDIT Al Mawaddah Warrahmah Kolaka dinilai masih kurang menarik karena pembelajaran yang diberikan masih kurang bervariasi sehingga terlihat peserta didik pasif. Terutama dalam kegiatan dan proses belajar tentang pelajaran Aqidah Akhlak perlunya perhatian guru dalam membelajarkan peserta didiknya agar pembelajaran tidak monoton yang akhirnya akan mempengaruhi proses dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlunya guru menemukan solusi terbaik dalam permasalahan yang ada sehingga peserta didik mampu memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam belajar yang lebih kritis, mandiri, dan menyenangkan. Sehingga solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada, yakni mengubah model pembelajaran guru dengan menerapkan model pembelajaran baru dalam suatu penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDIT Al Mawaddah Warrahmah Kolaka”.Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 11 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 85% atau secara keseluruhan telah mencapai nilai KKM 85 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam penggunaan model pembelajaran Probblem Based Learning (PBL). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ketika belajar menggunakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang sesuai prosedur. Hal ini terbukti pada hasil persentase siklus I yaitu mencapai 73% sedangkan pada hasil persentase siklus II mencapai100%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-29