PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS.S AT-TARBIYAH ISLAMIYAH KOLAKA
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Powtoon. Akidah AkhlakAbstrak
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas VII MTs.S At-Tarbiyah Islamiyah Kolaka, hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran Akidah Akhlak yaitu minat belajar peserta didik masih dikatakan belum cukup baik. Hal ini disebabkan antusias peserta didik dalam belajar rendah, peserta didik merasa kurang bersemangat untuk mengikuti pembelajaran, sehingga peserta didik cenderung tidak aktif dan tidak merasa bagian dari kelas. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi sehingga menyebabkan keaktifan belajar peserta didik rendah, rendahnya keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran menyebabkan minat belajar yang rendah bagi peserta didik. Untuk itu dibutuhkan media pembelajaran audio-visual seperti video animasi berbasis Powtoon yang dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang tahapnya meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pra penelitian, pedoman wawancara, lembar validasi ahli media dan ahli materi, lembar angket respons peserta didik, lembar respons guru dan lembar tes minat belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1)Prototype dari pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon menggunakan metode ADDIE. 2) Kevalidan pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon diperoleh hasil persentase 90% dengan kriteria “Sangat Valid” berdasarkan hasil penilaian Ahli Media dan 89% penilaian dari Ahli Materi dengan kriteria “Sangat Valid”. Dan Kepraktisan pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon dinyatakan “Sangat Layak” berdasarkan hasil penilaian dari Respons Peserta Didik yakni 96%” dan 80,5% dari penilaian Respons Guru dengan kriteria “Layak” 3) Keefektifan pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon dinyatakan efektif berdasarkan hasil tes minat peserta didik sebelum menggunakan media Powtoon persentase minat belajar peserta didik 61,39% naik menjadi 89,92% setelah menggunakan media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon.
Referensi
Anggita. Zulfah. 2020. “Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, Vol. 7. No.2.
Anwar, Rosihon. 2014. Akidah Akhlak, Bandung: CV Pustaka Setia.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. 2020. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ataupun. Erni Rusli, 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa”. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar,
Azizah, Siti Nur. 2021. “Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadist”, Jurnal Literasiologi, Vol. 6 No. 1.
Budiastuti, Pramudita, et., al. 2021. “Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan”, Jurnal Edukasi Elektro, Volume 05 No.1.
Chairul. C, Muhammad. dkk. 2021, “Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Perspektif Al Gazali”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.18.No.2.
Deliviana, Evi. 2017. “Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat Dan Problematikanya”, Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Negeri Makassar.
Emzir, Metode Penelitian Pendidikan. 2017. Depok:Rajawali Pers.
Eriza, Fierza. 2018“Pengembangan E-Book berbasis K-Visoft Flipbook pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti materi Thaharah SMPN 3 Rambatan”, Skripsi, (Batusangkar: IAIN Batusangkar)
Faradila, Dita Dan Pika Merliza. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII”, Jurnal Of Matematics Education, Vol. 4. No.1.
Fardany, Maya Masitha. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ekonomi”, JUPE , Volume 08 Nomor 03.
Farida. 2015. “Mengembangkan kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis VCD”, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. VI, No.1.
Fatimatuzahroh, Fitri. et.,al., 2019. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol.7. Nomor.1.
Fitria, Ayu. 2014 “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5. Nomor.2.
Fitriyani, Nina. 2019, “Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar”, Jurnal Tunas Bangsa, Vol, 6. No.1.
Hafni, Sahir Syafrida. Metodologi Penelitian. 2021. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Hamid, Hamdani. Beni Ahmad Saebani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hamzah. Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) kajian Filosofis, Teoritis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian, Malang: Literasi Nusantara.
Hapsari, Tri retno, et.al. 2018. “Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Example Non Example Dan Permasalahan Peserta Didik Terkait Hasil Belajar Biologi di SMA”. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 3, No. 2.
Hasan, Muhammad. et.,al. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Tahta Media Group.
Hermino, Agustinus. 2014. Kepimpinan Pendidikan Di Era Globalisasi, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hidayat, Fitria et. al., 2021. “Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.”, Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, Vol. 1. No.1.
Khiyarusoleh, Ujang. 2016. “ Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piage”. Jurnal Dialektika Jurusan PGSDT, Vol. 5 No. 1.
Khulsum, Umi. et.al. 2018. “ Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma” Diglosia, Volume 1.No 1.
Kurniawan, Anggie Bagoes, et.al. 2021. “Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa”, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, Vol. 5, No.2.
Kustandi, Cecep. Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Kencana
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.
Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran. 2008. Cipayung: Gaung Persada.
Muttaqien. Fajar. 2017 “Penggunaan Media Audio-Visual Dab Aktivitas Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X (Quasy Experiment: SMAN 8 Garut), Jurnal Wawasan Ilmiah, Vol.8.Nomor. 1.
Nugroho, Paulus Wicaksana Aji. 2020. “Pengembagan Produk Bermedia Powtoon Untuk Materi Cerita pendek Kelas XI MIPA 2 SMA Pangudi Luhur Sedayu”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Nur, Ramli. 2016. Revolusi Akhlak (Pendidikan Karakter), Tangerang; Redaksi Tsmart.
Nurdiansyah, Edwin, et.al. 2018. “Pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon pada perkuliahan pendidikan kewarganegaraan”, Jurnal Civics: Media kajian kewarganegaraan, Vol.15, No.1.
Nuriyanti, 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon pada Materi Statistika”, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol 7, No.3.
Putri, Dhiya Juliana. et.,al. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Kecamatan Larangan Tangerang” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Esa Unggul,
Putri, Febriani, Ervina. 2021, “Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi” Jurnal Penelitian dan pengembangan, Vol. 5.No.2.
Qurrototaini, Lativa. et., al. 2020 “Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.
Rahmi, Mar’atush Sholichah Muntaha, et.,al. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku”, International Journal Of Elementary Education, Vol. 3, No. 2..
Ramli. M. 2015, “Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadist”, Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Vol 13 No.23.
Rosyid, Moh. Zaiful. 2020. Ragam Media Pembelajaran. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Rusmayana, Taufik. 2021. Model pembelajaran ADDIE Intergrasi Pedati Di SMK PGRI Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemic Covid-19, Bandung: Widina Bhakti Persada.
Saat, Sulaiman. Sitti, Mania. 2019. Pengantar Metodologi Penelitian: Panduan Bagi Peneliti Pemula, Gowa: Pustaka Almaida.
Shihab. Quraish, M. 2011. Tafsir Al-Misbah, jilid 6, Jakarta : Lentera Hati.
Sholeha, Adelia Wardatus. 2023. Pengertian Novelty Penelitian dan Cara Membuatnya. Di Akses Dari https://ebizmark.id/artikel/pengertian-novelty-penelitian-dan-cara-membuatnya//
Sidqi, Nasiruddin. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MI”. Skripsi. Palangka Raya: Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Simbolon, Naeklan. 2013 “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik”, Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, Volume 1, No.2.
Slavin. Robert. 2011, “ Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Jakarta Barat: PT Indeks.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development, Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiranata. 2018. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Susilana, Rusdi. Cepi Riyana. 2020. Media Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima.
Sy.Syarifuddin, et.al. 2013, “Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Darussalam Martaputra Kabupaten Banjar”, Jurnal Tashwir, Vol. 1.No.2.
Umaedi, et.al. 2019. Manajemen Berbasis Sekolah, Tangerang: CV karya Indonesia.
Umiarso. Haris Fathoni Makmur. 2010. Pendidikan Islam Dan Krisis Moralisme Masyarakat Modern, Yogyakarta: Irgisod.
Widiastuti, Enik. 2017, “Pengembangan Crossword Puzzle Accounting (CPA) Berbasis Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi”, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol.XV.No. 1.
Wulandari, Amelia Putri. 2023 et. al, Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar”, Journal On Education, Vol 05, Nomor 02.
Yusuf, Bistari Basuni. 2017. “Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif” Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, Volume.1 No.2.
Zakariah, M. Askari, et.al. 2020. Metodologi Penelitian. Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah.