PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN “SMART APP CREATOR (SAC)” PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 MOWEWE

Penulis

  • Reski Aulia Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Nurhayati Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Suhrah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Smart App Creator, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Media pembelajaran Smart app creator (SAC) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi multimedia interaktif berbasis desktop, mobile dan web. Media pembelajaran ini dapat dijadikan sumber belajar yang dapat meningkatkan perhatian dan motivasi belajar peserta didik dan mempermudah guru dalam mengajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dan efisien. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IIS 2 yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik  pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/pembagian angket terhadap responden dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik ketika belajar menggunakan media pembelajaran smart app creator (sac). Hal ini terlihat pada persentase yang didapatkan pada siklus I yaitu 76% peserta didik setuju dengan menggunakan media smart app creator (SAC) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Serta 14% peserta didik kurang setuju dengan penggunaan media smart app creator (SAC) dan 9,99% yang tidak setuju dengan pengunaan media smart app creator (SAC) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Sedangkan persentase yang didapatkan pada siklus II yaitu 92,99% peserta didik sangat setuju dengan menggunakan media smart app creator (SAC)  dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam  Dan Budi Pekerti. Serta 4% peserta didik kurang setuju dan  2,99% tidak setuju dengan penggunaan media smart app creator (SAC) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam  dan Budi Pekerti.

Referensi

Abi, Muhammad Ilham. dan Sujatmiko, Bambang. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart App Creator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Multimedia Di SMK N 1 Jabon”. Jurnal IT-EDI. Vol. VII. No. 1. 2022.

Akbar, Jakub Saddam. 2023. Penerapan Media Pembelajaran, Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Akrim. 2021. Strategi Meningkatkan Daya Minat Belajar Siswa, Yogyakarta: Pusaka Ilmu.

Alpian, Yayan. dkk. “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia”. Jurnal Buana Pengabdian. Vol. I. No 1. 2019.

Alpiani, Nova dkk . “Pengembangan E-modul Matematika Pada Materi Barisan dan Deret Berantuan Smart App Creator Untuk Siswa SMAlSMK”. Jurnal Cendekia. Vol. VI. No. 2. 2022.

Ananda, Rusydi. dan Fitri Hayati. 2020. Variabel Belajar Konpilasi Konsep. Medan: Penerbit CV.

Andriani , Rike. dan Rasto, “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Menejemen Perkantoran. Vol. IV. No. 1, 2019.

Arikunto, Suharsimi dkk, 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Azizah, “Penggunaan Smart App Creator (SAC) Untuk Mengajarkan Global Warming, Journal Of Multi-Disciplinary Sciences ”, Vol. I. No. 1, 2020.

Baharuddin dan Umiarso, 2012. Kepemimpinan Pendidikan Islam Antara Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Public Serta Ilmu-Ilmu Social Lainnya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Chomaidi dan Salamah, 2018. Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Pt Grasindo.

Dahwadin. 2019. motivasi dan pembelajaran Pendidikan agama islam. Jawa tengah: CV. Mangku bumi media.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar . Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiyono, Yudo. 2021. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Edi, Fandi Rosi Sarwo. 2016. Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta; Pt Leutika Nouvalitera.

Efendi, Bahrudi, dkk. 2022. macam variable yang mempengaruhi motivasi belajar. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Enda, Amna. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran”, Jurnal Lantanida. Vol. V. No. 2. 2017.

Fahaludin, Iwan. “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran”, Jurnal Lingkar Widyaiswara. Vol. I. No. 4. 2014.

Fitriyana. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Internet Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Kelas X Ips”. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasi, 2020.

Hadi, Sofyan. “Evektifitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Istiqra. Vol. I. No. 15. 2017.

Handu, Gullam. dan Agustina, Lisa. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar”, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. XII. No. 1. 2011.

Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jauhari , Moh Irmawan. “Peran Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam”. Jurnal Piwulang,. Vol. I. No 1. 2018.

Lestari, Ending Titik. 2020. cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Manab, Abdul. 2015. Manajemen Kurikulum Pembelajaran Di Madrasah. Yogyakarta: Kalimedia.

Marwah, Siti Shafa. “Relevan Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam”. Journal Of Islamic Education. Vol. V. No. 1. 2018.

Mildawati, Titi. 2015. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Makassar: Pusaka Almaida.

Moh, Suardi . 2018. Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Moto, Maklonia Meling. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Pendidikan”. Journal Of Primary Education. Vol. III. No 1. 2019.

Nurdyansyah. 2019. “Media Pembelajaran Inovatif”. Sidoarjo: Umsida Press.

Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak.

Nurfaizah Aidah, “Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Mts N 1 Banda Aceh”. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2019.

Nurseto, Tejo. “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik”. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol. VIII. No. 1. 2011.

Panjaitan, Nur Qomariah. “Pengaruh Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak”, Jurnal Absesi. Vol. IV. No. 2. 2020.

Paramansyah, Arman. 2020. Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi.

Parnawi, Afi. 2020. penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Riyana, Cepi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Rosyid, Moh Zaiful. dkk. 2022. Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Saat, Sulaiman. dan Mania, Sitti. 2019. Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Sulawesi Selatan: Pusaka Almadia.

Samuna, Wa. “Penerapan Media Smart App Creator (SAC) Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Al Uluhiyah, Vol. I. Nomor 1, 2020/2021, hlm. 1

Siswoyo, wuryanto Puji. 2022. Bunga Rampai Pendidikan Tanpa Batas. Magelang: CV. Elaku Sukses Berkemajuan.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D, Bandung: Alfabeta CV.

Sukiyanto dan Maulidah, Tsalitsatul. 2020. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulaiman, 2017. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh.

Tanjung, Hendra Saputra. “Penerapan Model Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. VI. No. 1. 2019.

Wahid, Abdul. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar”. Jurnal Pendidikan dan pemikiran islam. Vol. V. No. 2. 2018.

Wilinny, dkk., “Analisis Komunikasi Di PT Asuransi Buana Independent Medan”. Jurnal Ilmiah Simantek. Vol. III. No. 1. 2019.

Zakariah , M. Azkari dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Researsch, Research And Development. Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warahmah.

Zakwan, Ulfa Zahrotul Habibah. “Penerapan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran SKI Di Kelas XI MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal”. Skripsi. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-29 — Diperbaharui pada 2024-07-29

Versi