PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI MOWEWE
Kata Kunci:
Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Division, Hasil BelajarAbstrak
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah diakibatkan oleh peserta didik yang kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga menyebabkan peseta didik kurang memperhatikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitian yakni peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Mowewe, prosedur penelitian yang dilakukan meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, adapun instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru dan peserta didik, lembar wawancara, lembar tes dan lembar dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar pessrta didik. peningkatan hasil belajar peserta didik terjadi karena penerapan yang tepat dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Dimana peserta didik belajar dalam satu kelompok dan saling bekerja sama
Referensi
Abi, Muhammad Ilham. dan Sujatmiko, Bambang. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart App Creator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Multimedia Di SMK N 1 Jabon”. Jurnal IT-EDI. Vol. VII. No. 1. 2022.
Akbar, Jakub Saddam. 2023. Penerapan Media Pembelajaran, Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Akrim. 2021. Strategi Meningkatkan Daya Minat Belajar Siswa, Yogyakarta: Pusaka Ilmu.
Alpian, Yayan. dkk. “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia”. Jurnal Buana Pengabdian. Vol. I. No 1. 2019.
Alpiani, Nova dkk . “Pengembangan E-modul Matematika Pada Materi Barisan dan Deret Berantuan Smart App Creator Untuk Siswa SMAlSMK”. Jurnal Cendekia. Vol. VI. No. 2. 2022.
Ananda, Rusydi. dan Fitri Hayati. 2020. Variabel Belajar Konpilasi Konsep. Medan: Penerbit CV.
Andriani , Rike. dan Rasto, “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Menejemen Perkantoran. Vol. IV. No. 1, 2019.
Arikunto, Suharsimi dkk, 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Azizah, “Penggunaan Smart App Creator (SAC) Untuk Mengajarkan Global Warming, Journal Of Multi-Disciplinary Sciences ”, Vol. I. No. 1, 2020.
Baharuddin dan Umiarso, 2012. Kepemimpinan Pendidikan Islam Antara Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Public Serta Ilmu-Ilmu Social Lainnya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Chomaidi dan Salamah, 2018. Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Pt Grasindo.
Dahwadin. 2019. motivasi dan pembelajaran Pendidikan agama islam. Jawa tengah: CV. Mangku bumi media.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar . Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiyono, Yudo. 2021. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Edi, Fandi Rosi Sarwo. 2016. Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta; Pt Leutika Nouvalitera.
Efendi, Bahrudi, dkk. 2022. macam variable yang mempengaruhi motivasi belajar. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Enda, Amna. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran”, Jurnal Lantanida. Vol. V. No. 2. 2017.
Fahaludin, Iwan. “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran”, Jurnal Lingkar Widyaiswara. Vol. I. No. 4. 2014.
Fitriyana. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Internet Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Kelas X Ips”. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasi, 2020.
Hadi, Sofyan. “Evektifitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Istiqra. Vol. I. No. 15. 2017.
Handu, Gullam. dan Agustina, Lisa. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar”, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. XII. No. 1. 2011.
Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jauhari , Moh Irmawan. “Peran Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam”. Jurnal Piwulang,. Vol. I. No 1. 2018.
Lestari, Ending Titik. 2020. cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Manab, Abdul. 2015. Manajemen Kurikulum Pembelajaran Di Madrasah. Yogyakarta: Kalimedia.
Marwah, Siti Shafa. “Relevan Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam”. Journal Of Islamic Education. Vol. V. No. 1. 2018.
Mildawati, Titi. 2015. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Makassar: Pusaka Almaida.
Moh, Suardi . 2018. Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Moto, Maklonia Meling. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Pendidikan”. Journal Of Primary Education. Vol. III. No 1. 2019.
Nurdyansyah. 2019. “Media Pembelajaran Inovatif”. Sidoarjo: Umsida Press.
Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak.
Nurfaizah Aidah, “Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Mts N 1 Banda Aceh”. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2019.
Nurseto, Tejo. “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik”. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol. VIII. No. 1. 2011.
Panjaitan, Nur Qomariah. “Pengaruh Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak”, Jurnal Absesi. Vol. IV. No. 2. 2020.
Paramansyah, Arman. 2020. Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi.
Parnawi, Afi. 2020. penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Riyana, Cepi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Rosyid, Moh Zaiful. dkk. 2022. Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.
Saat, Sulaiman. dan Mania, Sitti. 2019. Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Sulawesi Selatan: Pusaka Almadia.
Samuna, Wa. “Penerapan Media Smart App Creator (SAC) Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Al Uluhiyah, Vol. I. Nomor 1, 2020/2021, hlm. 1
Siswoyo, wuryanto Puji. 2022. Bunga Rampai Pendidikan Tanpa Batas. Magelang: CV. Elaku Sukses Berkemajuan.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D, Bandung: Alfabeta CV.
Sukiyanto dan Maulidah, Tsalitsatul. 2020. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sulaiman, 2017. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh.
Tanjung, Hendra Saputra. “Penerapan Model Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. VI. No. 1. 2019.
Wahid, Abdul. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar”. Jurnal Pendidikan dan pemikiran islam. Vol. V. No. 2. 2018.
Wilinny, dkk., “Analisis Komunikasi Di PT Asuransi Buana Independent Medan”. Jurnal Ilmiah Simantek. Vol. III. No. 1. 2019.
Zakariah , M. Azkari dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Researsch, Research And Development. Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warahmah.
Zakwan, Ulfa Zahrotul Habibah. “Penerapan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran SKI Di Kelas XI MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal”. Skripsi. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. 2020.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-07-29 (3)
- 2024-07-29 (2)
- 2024-07-29 (1)