EKSPLORASI PERSEPSI SISWA KELAS XI TKJ TERHADAP PEMBELAJARAN PAI MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DI SMKN 02 BOMBANA

Penulis

  • Khafifatu Syahraini Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Muh. Amin S Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Andi Faisal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

Pendidikan, Teams Games Tournament, Model pembelajaran

Abstrak

Pendidikan memiliki peranan yang sangat vital dalam mendukung kemajuan dan pembangunan suatu negara. Di Indonesia, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi bagian integral dari sistem pendidikan nasional. PAI tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan materi keagamaan, melainkan juga berperan strategis dalam membentuk karakter dan moral peserta didik, selaras dengan misi pendidikan nasional yang mengarah pada pengembangan manusia secara utuh—baik secara intelektual, spiritual, maupun sosial. Lebih dari sekadar transfer pengetahuan agama, PAI menjadi sarana internalisasi nilai-nilai luhur seperti keimanan, ketakwaan, serta penanaman sikap sosial positif seperti toleransi, solidaritas, dan keadilan. Dalam konteks ini, model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dinilai sangat relevan untuk digunakan dalam proses pengajaran PAI. Model ini mampu mengubah suasana belajar yang monoton dan kaku menjadi lebih hidup, interaktif, dan menyenangkan, serta merangsang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan pendekatan TGT, siswa tidak hanya menjadi pendengar pasif, tetapi juga terlibat secara aktif dalam diskusi, pertukaran gagasan, dan eksplorasi nilai-nilai Islam dalam situasi yang relevan dengan kehidupan mereka. Implementasi TGT dilakukan melalui pembentukan kelompok-kelompok kecil yang heterogen, di mana masing-masing kelompok terdiri dari siswa dengan latar belakang kemampuan akademik yang beragam. Pendekatan ini mendorong kolaborasi antar siswa dan menciptakan suasana belajar yang inklusif dan membangun.

Referensi

Ali, Ismun. 2021. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 No. 01.

Ananda, Rusydi, Dr., M.Pd., dkk. 2020. Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan: CV. Pusdikra MJ.

Aslamiah, Hj., Prof. Dr., M.Pd., Ph.D., dkk. 2022. Pengelolaan Kelas. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Avrilia Salsabila, Nela, dkk. 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa”. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, Vol. 3 No. 1.

Fadilah, dkk. 2024. Pembelajaran Berbasis Permainan Dakon sebagai Implementasi Literasi Budaya pada Anak Usia Dini di PAUD Al-Amin Bugih Pamekasan.

Fujianti, Indah. 2020. Konsep Pendidikan Islam di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Peradaban Islam.

Hadjar, Ibnu, Prof. Dr., M.Ed. 2023. Pengembangan Alat Ukur Afektif dalam Pendidikan. Semarang: CV. Eureka Media Aksara.

Hafni Sahir, Syafrida. 2021. Metodologi Penelitian. Medan: KBM Indonesia.

Helmiati, Hj., Dr., M.Ag. 2012. Model Pembelajaran. Pekanbaru: Aswaja Pressindo.

Hisar Marulitua Manurung, dkk. 2023. Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran PAI. Malang: CV. Pustaka Peradaban.

Kamila, Najwa, dkk. 2024. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Peserta Didik”. Jurnal Basicedu, Vol. 8 No. 2.

Kendedes Simanullang, dkk. 2024. “Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Menggunakan Metode Role-Playing pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, Vol. 8 No. 2.

Maemunah, Dr., M.A.Pd. 2022. Model Penelitian Afektif dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mahmudi, Muhammad Ali. 2024. Pengantar Pendidikan Agama Islam. Padang: CV Hei Publishing Indonesia.

Marjohan, Masno, dkk. 2024. “Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Menetapkan Strategi untuk Keberlangsungan Sekolah”. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, Vol. 8 No. 1, hlm. 15.

Meriyati, Dr., M.Pd. 2015. Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.

Mislan, Drs., M.Pd., dkk. 2021. Buku Ajar Strategi Pembelajaran: Komponen, Aspek, Klasifikasi dan Model-Model dalam Strategi Pembelajaran. Jawa Tengah: Lakeisha.

Muhammad Furqon, S.E., M.A. 2024. Minat Belajar. Solok: PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Najuah, dkk. 2017. Buku Pendamping untuk Guru dalam Pembelajaran Hak Asasi Manusia Tingkat SMA/SMK. Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Niken Vioreza, M.Pd., dkk. 2020. Metode & Model Pembelajaran. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Ntobuo, Nova Elysia, S.Pd., M.Pd. 2017. Model Pembelajaran Kolaboratif Jire: Teori dan Aplikasi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Press,

Nurlina Ariani Hrp, dkk. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Rantauprapat: Widina Bhakti Persada Bandung,

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Materi Teks Berita Kelas XI. 2024. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, Vol. 10 No. 2,

Purna, Rozi Sastra, Dr., M.Psi., dkk. 2021. Kompetensi Sosial dan Emosional Anak dan Remaja. Padang: LPPM Universitas Andalas Publishing,

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana,

Setyaningrum, Tri Wahyu, dkk. 2022. Metode & Model Pembelajaran. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Sumarni. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model TGT (Teams-Games Tournament) pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 4 Jati Mulyo. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran.

Syahraini Tambah, M.A. 2014. Pendidikan Agama Islam: Konsep Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Uswatun Hasanah, dkk. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa”. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 3 No. 2.

Widodo, Rusman, dkk. 2022. Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21. (Medan: Yayasan Kita Menulis).

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-15