IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN (TAKHAṢŪṢ MAKHĀRIJŪL HURŪF) PADA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH (MI) AL MAWADDAH WARRAHMAH KOLAKA
Kata Kunci:
Metode Ummi, Al-Qur’an, MI Al Mawaddah Warrahmah KolakaAbstrak
Sebagai upaya untuk mencetak generasi Islam yang berwawasan al-Qur’an adalah mendidik mulai dari usia anak sehingga menanamkan kecintaan yang tinggi terhadap al-Qur’an serta berusaha mempelajarinya dengan baik. Bidang pendidikan dan pengajaran mempunyai peranan yang sangat penting, karena membca al-Qur’an termasuk ibadah yang akan mendapat pahala dari Allah Swt. Oleh karena itu, dengan membaca al-Qur’an dituntut kebenaran, kelancaran, dan kefasihan dalam arti sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya. Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui proses metode ummi dalam mengenali dan menyebutkan huruf hijaiyah atau makhārijūl hurūf pada peserta didik kelas V di MI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka; (2) Untuk mengetahui implementasi metode ummi dalam meningkatkan pemahaman kaidah ilmu tajwid dan kualitas bacaan al-Qur’an peserta didik kelas V di MI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. Metode penelitain yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian, penelitian tindakan kelas. Secara garis besar, data dalam penelitian ini dikumpulkan dan diklarifikasikan ke dalam data kualitatif yaitu pedoman obeservasi, wawancara, dokumentasi serta pedoman tes dan data kuantitatif. Di antara spesifikasi metode Ummi adalah penggunaan model pembelajaran yang memungkikan pengelolaan kelas yang sangat kondusif sehingga menjadi intregrasi pembelajaran al-Qur’an yang tidak hanya bersifat kognitif. Metode tersebut dibagi menjadi 4 (empat), yaitu: privat/individual, klasikal individual, klasikal baca simak, dan klasikal baca simak murni. Hasil penelitian di lapangan, peneliti melihat cukup efektif metode ini diajarkan oleh guru Ummi di kelas V MI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. Dalam model pembelajaran al-Qur’an, selain menarik dalam metode pembelajarannya, murid pun bisa terbantu dengan adanya alat peraga dan buku Kitabaty untuk menyimak bacaan yang diajarkan oleh guru Ummi Berdasarkan hasil wawancara kepada siswa, mayoritas siswa bisa memahami materi tajwid dalam metode Ummi. Metode Ummi di kelas V MI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka berjalan dengan efektif dan bisa diterapkan oleh siswa dalam proses pembelajaran al-Qur’an.
Referensi
Desinta Bella dan Andhita Dessy Wulansari, 2022, “Komparasi Penggunaan Metode Ummi dan Wafa Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta didik Kelas 1 KMI di Pondok Ar-Risalah Gundik Slahung Tahun Ajaran 2021-2022.”, Jurnal Arsyadana : Jurnal Pendidikan Islam Aktual, Vol. 1.
Hascan Muhammad Alpin dan Suyadi, 2021, “Penerapan Teori Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran PAI Tingkat SMP di SIT Bina Insan Batang Kuis”, Enrekang: Jurnal Pendidikan.
Helmy Abdullah, 2011, “Teori Belajar Kognitif Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa”, Malang: Jurnal Lingustik Terapan.
Islamuddin Haryu, 2012, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Belajar, hlm. 63.
Khalid Najib, 2002, “Mendidik Cara Nabi SAW” (Bandung: Pustaka Hidaya).
Magfiroh Ismi, dkk, 2024 “Studi Perbandingan Kemampan Membaca Al-Qur’an Metode Tilawati dan Metode Ummi.”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 6, No. 2, 2024.
Maya Rahendra, (2012). Pemikiran Pendidikan Islam Mājid 'Irsān Al-Kīlānī. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(01).
Maya Rahendra. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).
Maya Rahendra. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ'ah Al-Syâfi'î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).
Moh. Arif. (2014). Konsep Dasar Pembelajaran UMMI di Sekolah Dasar/MI. Tulungagung: IAIN Tulungagung Press.
Nasution Abdul Fatah, 2023, “Metode Penelitian Kualitatif”. (Cet I: CV. Harfa Creative).
Nurhadi, 2020, “Teori Kognitivitisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajran”, Pekanbaru, Jurnal Eduksai dan Sains.
Nurhayani dan Dewi Salistina, 2022, “Teori Belajar dan Pembelajaran”, Yogyakarta, Cet:1. Gerbang Media Aksara.
Sarbini Muhammad. (2012). Konsep Pendidikan Rabbaniyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(01).
Suardi, Moh. 2018, Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sudiarjo Aso, dkk, 2015, “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android”, Jurnal Sisfotek Global, Vol.5, No.2.
Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pedidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Zein, Muh. 2016, "Peran guru dalam pengembangan pembelajaran." Inspiratif Pendidikan 5.2.