PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH INDUHA KELAS IV, KEC. LATAMBAGA, KAB. KOLAKA

Penulis

  • Miftakhul Khaerat Haris Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Muh Iqbal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Muhammad Akbar Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

articulate story line, Pengembangan, media pembelajaran, Teknologi Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media yang digunakan dalam proses belajar mengajar, di mana buku paket yang ada cenderung memuat gambar yang kurang menarik. Selain itu, beberapa peserta didik lebih menyukai metode pembelajaran interaktif, seperti bermain game edukatif atau menggunakan media berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mencakup lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar respons peserta didik, lembar respons guru, dan tes minat belajar. Media pembelajaran Articulate Storyline 3 dirancang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan merujuk pada masukan dari validator media dan validator materi, sehingga dinyatakan layak untuk uji coba produk. Hasil pengembangan media pembelajaran untuk siswa kelas IV MI Darul Hikmah Induha menunjukkan bahwa media ini valid, layak, dan efektif. Hasil validasi media memperoleh skor 83,8% dengan kriteria "Baik", sementara hasil validasi materi memperoleh skor 96,5% dengan kriteria "Sangat Baik". Respons peserta didik terhadap media ini mencapai 76% dengan kualifikasi "Sangat Layak", dan respons guru mencapai 82,81% dengan kriteria "Sangat Efektif". Uji efektivitas berdasarkan tes minat belajar menunjukkan skor n-gain rata-rata 0,61 dengan kualifikasi "Sedang". Dengan demikian, media pembelajaran Articulate Storyline 3 dinyatakan efektif.

Referensi

Akbar, M., Nurhayati, N., & Dzulfina, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji Kelas Viii Di Mts Babussalam HKSN Mangolo. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 6(1), 53-77.

Fatia, I., & Arian, Y. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 505.

Hasbullah. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Huswatun. (2023, Maret 7). Wawancara di MI Darul Hikmah Induha.

Jalaluddin. (2001). Filsafat Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Kartini, K. S. (2020). Respon Siswa terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 14.

Komar, O. (2006). Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.

Kurniawan, A. B. (2021). Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2), 94.

Magdalena, I., Dkk. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), Agustus.

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. (2017). Psikologi Belajar. Depok: Rajawali Pers.

Nawawi, H. (1983). Metode Penelitian Bidang Sosial. Pontianak: Gadjah Mada University Press.

Novita, N., Zakariah, M., & Akbar, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Religius Untuk Meningkatkan Moral Siswa (Studi Pada Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al Mawaddah Warrahmah Kolaka). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8711-8729.

Rita, T. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Miskiyat, 3(1), 171.

Safitri, D. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Powtoon pada K.D 3.5 Mendeskripsikan Bank Sentral di Kelas X IIS SMA. Jurnal JUPE, 6(3), 274.

Salsabila, U. H., Dkk. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 124.

Sani, H. (2023, Maret 7). Wawancara di MI Darul Hikmah Induha.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Soetopo, H. (2005). Pendidikan & Pembelajaran. Malang: UMM Pers.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umiarso, & Makmur, H. F. (2010). Pendidikan Islam dan Krisis Moralisme Masyarakat Modern. Jogjakarta: Iriscod.

Winaryti, E., Dkk. (2021). Cercular Model of R&D (Model R&D Pendidikan dan Sosial). Jogjakarta: KBM Indonesia.

Yusuf, F., & Akbar, M. (2020, October). The Development of Sentra Learning Model to Build Early Childhood Characters in Kindergarten School. In 3rd International Conference on Education, Science, and Technology (ICEST 2019) (pp. 308-313). Atlantis Press.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30