EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN  DI MADRASAH ALIYAH  AL MAWADDAH WARRAHMAH KOLAKA

Penulis

  • Andi Bahtiar Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Rina Nur Afifah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Andi Faisal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

Administrasi Sekolah, Madrasah, Mutu Pendidikan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas pelayanan administrasi kesiswaan di Madrasah Aliyah Al Mawaddah Warrahmah Kolaka dan untuk mengetahui cara meningkatkan mutu layanan di Madrasah Aliyah Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. Adapun metode penelitian yang di gunakan kualitatif meliputi Jenis penelitian lapangan (Field research); subyek penelitian yaitu kepala madrasah, tata usaha, guru kelas dan siswa; adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam   penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi; instrument penelitian berupa lembar observasi, draf wawancara dan alat dokumentasi untuk kepala madrasah, tata usaha, guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas pelayanan administrasi kesiswaan di MA Al Mawaddah Warrahmah Kolaka mencakup 4 aspek, 1) penerimaan siswa baru, 2) ketatausahaan siswa, 3) pencatatan bimbingan dan penyuluhan, 4) pencatatan prestasi belajar. Sedangkan  untuk meningkatkan mutu layanan administrasi kesiswaan di Madrasah Aliyah Al Mawaddah Warrahmah Kolaka bukan hanya kepala madrasah dan tenaga administrasi saja yang terlibat tetapi seluruh guru dan staf harus ikut dalam membantu meningkatkan mutu pelayanan administrasi keiswaan agar berjalan dengan baik hingga mencapai tujuan pendidikan.

Referensi

Abdul. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Faisal, A. (2024). Peran Layanan Bimbingan Konseling Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Sman 1 Kolaka. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 975-983.

Hasbiyallah & Ihsan, M. N. (2019). Administrasi Pendidikan: Perspektif Ilmu Pendidikan Islam. Nurhana Medika.

Karno, E. (2009). Administrasi dan Profesional Guru Sebagai Tenaga Kependidikan. Kendari: FKIP Unhalu.

Kementrian Agama Republik Indonesia. (2014). Al-Qur'an Terjemah dan Tajwid. Bandung: Sygma Creative Media Corp.

Satrio, et al. (2021). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Tinjauan Administasi Sekolah. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 96.

Septian, R. A. D., et al. (2022). Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. Jurnal Perseda, 5(2), 132.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran (Vol. 6). Jakarta: Lentera Hati.

Sukmadinata, N. S., et al. (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah: Konsep, Prinsip, dan Instrumen. Bandung: PT Refika Aditama.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 Tentang PERMEN DIKNAS. (2008). Bandung: Citra Umbara.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30