IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING AQIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IX KRITIS MTS NEGERI 1 KOLAKA

Penulis

  • Adilah Abd Rahim Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Dr.Nursyalim MS Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Akmir Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Ansani Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

Implementasi, Pembelajaran Daring

Abstrak

Proses pembelajaran di sekolah secara keseluruhan adalah media interaksi antar siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan intelegensi, skill dan rasa kasih sayang diantara mereka. Tetapi, sekarang kegiatan belajar mengajar di sekolah berhenti dengan tiba-tiba karena gangguan Covid-19 yang memiliki banyak dampak bagi pengetahuan peserta didik

Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs. N 1 Kolaka Berdasarkan temuan di lapangan bahwa guru Aqidah Akhlak di MTs Negeri 1 Kolaka melaksanakan pembelajaran daring di MTs. N 1 Kolaka menggunakan aplikasi Whatsapp dan google class room. Efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar kelas IX Kreatif di MTs. Negeri 1 Kolaka kurang efektif karena ada beberapa dari peserta didik yang tidak ada jaringan, tidak ada perangkat seperti handphone ataupun laptop dan juga peserta didik tidak mampu mebeliri kouta internet. Maka dari itu guru jadi kesulitan dalam melakukan proses pembelajaran daring. Kendala dan solusi  dalam implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar kelas IX Kreatif di MTs. Negeri 1 Kolaka terkendala terhadap Peserta didik tidak memiliki HP sendiri, kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu dikarenakan orang tua peserta didik yang sibuk bekerja dan terkendala dalam sinyal  dan kuota internet. Adapun solusi terhadap kendala dalam proses pembelajaran daring ini yaitu,Pihak sekolah memfasilitasi wifi untuk guru-guru guna menunjang proses pembelajaran daring selama guru berada disekolah atau memberika kuota gratis kepada guru dan peserta didik selama pembelajaran daring yang dilaksanakan di rumah masing-masing. Hasil Belajar daring pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar kelas IX Kritis di MTs. Negeri 1 Kolaka bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IX/ Kritis MTs. N 1 Kolaka sangat berbeda sebagaimana dibuktikan dengan nilai sebelum pembelajaran daring dan pada saat pembelajaran daring.

Referensi

Darmadi, M. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Gunawan, & Darmani. (2018). Mengajar di jaman now. Ponorogo: Wade Group.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2016). Metodologi penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, kesan, dan keserasian al-Qur’an (Vol. 14, J. 14). Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, kesan, dan keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Tiara Cintiasih. (2020). Implementasi model pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga tahun pembelajaran 2020 [Skripsi]. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Millati Aska Sekha Apriliana, N. (2019). Problematika pembelajaran daring pada siswa kelas IV MI Bustanul Mubtadin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020 [Skripsi]. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30