UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI I LATAMBAGA
Kata Kunci:
Upaya Guru, Pendidikan Agama Islam , Perilaku BullyingAbstrak
SMP Negeri 1 Latambaga mendorong keterlibatan siswa dalam kegiatan keagamaan, namun sejak 2015 terjadi kasus bullying dan perkelahian fisik antar siswa. Masalah ini terus berlanjut hingga 2019. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengatasi bullying dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas mereka dalam menangani masalah ini. Tujuan penelitian adalah untuk memahami upaya guru PAI dalam mengatasi bullying dan mengidentifikasi faktor penyebab serta penghambat dalam proses tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subyek guru PAI dan siswa kelas 1, 2, dan 3. Prosedur penelitian mencakup observasi, pengumpulan data, wawancara, dan dokumentasi, menggunakan instrumen seperti lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI termasuk pencegahan preventif dengan melaporkan kasus ke BK, pencegahan refresif melalui arahan dan seminar, serta pencegahan kuratif dengan edukasi tentang bullying. Faktor penyebab bullying meliputi keinginan menunjukkan popularitas dan sifat agresif, sementara faktor penghambat termasuk dukungan, panutan, edukasi, dan kesadaran orang tua serta pihak sekolah.
Referensi
Ali, Z. (2011). Pendidikan Agama Islam (Cet. 4). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arya, L. (2018). Melawan Bullying: Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah (Cet. 1). Mojokerto: CV Sepilar Publishing House.
Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan (Cet. 8). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal Kajian Ilmiah Kuliah Umum, 21(1), 35-36.
Hamid, H., & Saebani, B. A. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Cet. 1). Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hamzah, A. R. (2017). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Ahmad Tafsir. Jurnal At-Tajdid, 1(1), 78.
Majid, A. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004 (Cet. 1). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pidarta, M. (2009). Landasan Kependidikan (Cet. 2). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prawira, P. A. (2017). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru (Cet. 2). Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Cet. 4). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Syaifi, M. (2017). Analisis SWOT dalam program pembinaan akhlakul karimah. Jurnal Tarbawi, 3(1), 1.
Wiyani, N. A. (2014). Save Our Children from School Bullying (Cet. 2). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.