INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 LATAMBAGA

Penulis

  • Arham Wahyudi Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Muhammad Akbar Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Askahar Askahar Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

Internalisasi, Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini membahas implementasi pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Latambaga, yang diintegrasikan melalui program IMTAQ (Iman dan Taqwa) serta berbagai kegiatan sekolah lainnya. Pendidikan karakter merupakan bagian integral dari kurikulum, yang bertujuan untuk mengembangkan sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan siswa sesuai dengan kompetensi inti yang ditetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di sekolah ini telah terimplementasi dengan baik, terutama melalui mata pelajaran PAI dan program IMTAQ. Program harian seperti zikir pagi, doa sebelum dan setelah pembelajaran, serta shalat Dzuhur berjamaah, telah berperan signifikan dalam membentuk karakter siswa. Program mingguan, seperti infaq Jumat dan kajian Islami, serta program tahunan seperti peringatan hari besar Islam, juga mendukung penanaman nilai-nilai karakter. Guru PAI memainkan peran penting dalam menanamkan nilai-nilai seperti sopan santun, kejujuran, kedisiplinan, dan kepercayaan diri kepada siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa melalui integrasi pendidikan karakter dalam PAI dan kegiatan IMTAQ, SMA Negeri 1 Latambaga berhasil membentuk karakter siswa yang baik, yang tercermin dalam perilaku sehari-hari mereka di sekolah dan lingkungan sekitar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi sekolah lain dalam mengimplementasikan pendidikan karakter yang efektif melalui mata pelajaran PAI dan program-program sekolah yang relevan.

Referensi

Akbar, M., & Yusuf, M. (2024). Pengembangan karakter religius narapidana melalui metode Tazkiyatun Nafs di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kolaka. PROFICIO, 5(2), 671-677.

Akbar, M., Suhrah, S., Wahid, A., & Afnir, N. (2022). Islamic boarding school as a role model for character education. KnE Social Sciences, 623-632.

Alim, M. (2011). Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Faturohman. (2019). Tantangan pendidik di era millennial. Jurnal Transformatif, 3(1), 104.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Cet. ke-30). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Media Wacana Press.

Novita, N., Zakariah, M., & Akbar, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Religius Untuk Meningkatkan Moral Siswa (Studi Pada Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al Mawaddah Warrahmah Kolaka). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8711-8729.

Syahidin, et al. (2009). Moral dan Kognisi Islam (Cet. ke-3). Bandung: CV Alfabeta.

Saputra, A., Askahar, A., & Suhardin, S. (2023). Kontribusi Nilai Nilai Karakter Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim Terhadap Santri Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 6(1), 30-40.

Usman, M., & Widyanto, A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(1), 36-52.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30