ANALISIS EFEKIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 2 KOLAKAASI

Penulis

  • Mawar Kelana Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Suhrah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Andi Faisal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

Pendidikan, Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar

Abstrak

Pendidikan di Indonesia masih menghadapi tantangan kualitas yang rendah, terbukti dari hasil survei PISA yang menunjukkan peringkat Indonesia yang masih rendah dalam matematika, literasi, dan sains. Sebagai solusi, pemerintah memperkenalkan Kurikulum Merdeka yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dengan pendekatan yang fleksibel dan berbasis karakter Pancasila.  Rumusan masalah penelitian meliputi, 1)bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 2 Kolakaasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, 2)bagaimana hasil belajar peserta didik kelas V saat penerapan kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar peserta didik di SD Negeri 2 Kolakaasi, khususnya pada kelas V.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses penelitian dilakukan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, observasi, pengelolaan data, dan laporan hasil temuan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus, yang bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam mengenai implementasi kurikulum di lapangan dengan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 2 Kolakaasi dilakukan secara bertahap dengan pendekatan berbasis proyek dan penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Faktor pendukung keberhasilan implementasi meliputi motivasi tinggi guru, sarana yang memadai, dan pembentukan komunitas belajar, meskipun ada hambatan seperti manajemen waktu dan keterlibatan orang tua belum optimal. 2) Hasil belajar peserta didik kelas V menunjukkan nilai rata-rata 73,33, melebihi KKM (65) yang ditetapkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 2 Kolakaasi memberikan dampak positif terhadap keterlibatan dan hasil belajar peserta didik.

 

Referensi

Al-Qur’an Karim

Abdullah, Lubabut Tafsir Min Ibni Katsir, jilid 2: Al-Imran ( Kairo: Mu’assasah Daar Al-Hilal Kairo,1994).

Amdani, Dadan, Dkk, “Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik”, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. VI, 2023.

Anizar dan sardin, 2023. evaluasi pada Kurikulum Merdeka dan pemanfaatan hasil penilaianya. Edupedia Publisher.

Ansyar, Mohamad, 2017. Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain dan pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Ardiansyah, Dkk.," Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar" Jurnal literasi dan Pembelajaran indonesia, Vol. III. Nomor 1, 2023.

Arikunto, Suharsimi, 2018. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aryaputra, Rakha Rif’at dan Hindun-hindun, “ Efektivitas dalam Kurikulum Merdeka dan Peranan Pengajar Untuk Pelajar”, Jurnal Pendidikan, Vol. III. Nomor 1, 2024.

Azizah,” Efektivitas Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Islam Al-Ghaffar Mulyono agung Kabupaten Malang”Skripsi( Malang UIN Maulana Ibrahim Malang, 2023). dipublikasikan.

Sugiono, 2021. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&H. Bandung: Alfabeta.

Cholid, Nur,dkk., 2023. Filsafat Pendidikan. Kota semarang : wahid Hasyim university press.

Elfrianto, Dkk., 2024. Manajemen Kinerja Guru dalam Konteks Kurikulum, merdeka Peningkatan efektivitas Pembelajaran. Medan Umsu press.

Fitra, Dian, “ Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern” , Jurnal Inovasi edukasi, Vol. VI, Nomor 2, 2023.

Fitriani, Erida dan Alfiansyah Iqnatia, “ Analisis Efektivitas Implementasi Antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan, Vol. VII. Nomor 2 , 2023.

Hamid, Abdul, Dkk., 2024. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jawa barat: Cv. Adanu abimata.

Julhadi, 2021. Hasil Belajar Peserta Didik .Jawa Barat, Edu Publisher.

Junita, Dkk., 2024. Kurikulum dan Pembelajaran Tantangan Perubahan Proses Pembelajaran. medan: umsu press.

Kementerian Agama RI, 2006. Al- Qur’an dan Terjemahnya Juz 1-30, (Surabaya: Pustaka Agung Harapan.

Kurniawan, Alfi Muhklis dan Amalia Nurul Azizah, “Konsep Kurikulum Berbasis Proyek Belajar Pancasila”, Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, Vol. I. Nomor 3, 2022.

Lidiawati, Dkk., 2023. Kurikulum Merdeka Belajar: Analisis Implementasi Pengelolaan dan implementasi. Purbalingga.

M.s Roos dan M.Tuerah & Jeanne Tuerah," Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis kebijakan untuk peningkatkan kualitas pennbelajaran Sekolah", Jurnal ilmiah pendidikan, Vol. IX . Nomor 19, 2023.

Marzuki, "Analinis Penilaian Hasil Belajar Peserta didik Mata Pelajaran Llmu Pengetahuan Alam Pada Kurikulum Merdeka”, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran , Vol. VI. Nomor 4, 2023.

Mulyasa, 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Nafiq Alfizar Ananda, “ Efektivitas Kurikulum Merdeka Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Banda Aceh” Skripsi(Banda Aceh, UIN Ar-Raniry 2023) dipublikasikan.

Nasrullah, Agus, Dkk., 2024. Guru Penggerak Teori Dan Implementasi Guru Penggerak Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta : PT. Green Pustaka Indonesia.

Nisa, Isna Zahrotun & Rahmat Kamal,” Analisis Efektivitas Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Peserta didik,” Jurnal Pendidikan , Vol. I. Nomor 02, 2023.

Putra, Edo Pramana, “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDIT Insan Taqwa Natar Lampung Selatam” Skripsi (Bandar Lampung : UIN RI Lampung, 2023) dipublikasikan.

Qurniawat Desi Relinda,“ Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar”Jurnal Conference of Elementary Studies,2023.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-15