ANALISIS PEMASARAN BERAS ORGANIK DI DESA PUURODA KECAMATAN BAULA KABUPATEN KOLAKA

Penulis

  • Risa Kurniawati Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • M. Askari Zakariah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Edi Usman Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

saluran pemasaran, efisiensi pemasaran, farmer share, beras organik

Abstrak

Jurnal ini membahas tentang analisis pemasaaran beras organic di Desa Puuroda Kecamatan Baula Kabupaten Baula. Jurnal ini menggunakan metode yaitu pendekatan kombinasi atau pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian studi kasus ialah suatu serangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam tentang suatu program, peristiwa, dan aktivitas, baik pada tingkat perorangan, tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan gambaran yang mendalam mengenai peristiwa atau kasus yang akan di teliti. Pengumpulan datanya di peroleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saluran pemasaran beras organik hanya terdapat satu saluran pemasaran  yaitu Asosiasi Petani Organik (ASPOK). Hasil Farmer Share dan Margin pemasaran beras organik, menunjukkan bahwa saluran pemasaran beras organik memiliki nilai  farmer’s share (FS) sebesar 90 %. Margin pemasaran beras organik sebesar 2.000 rupiah/kilogram. Efesiensi saluran pemasaran beras organik memiliki nilai efesiensi sebesar 16.6%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30