ANALISIS PEMBIAYAAN PRODUK BSI OTO PADA  BANK SYARIAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP KOLAKA

Penulis

  • Yuli Anggraeni Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • M. Askari Zakariah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Abd. Haris Nasution Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

Syariah, , Pembiayaan,, Produk Perbankan

Abstrak

BSI merupakan penggabungan dari Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah menjadi satu yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI). Dengan bergabungnya ketiga bank tersebut maka menghasikan banyak produk di Bank Syariah Indonesia. Salah satu produk terbaru Bank Syariah Indonesia yaitu produk pembiayaan BSI OTO yang merupakan pembiayaan terhadap pembelian kendaraan roda empat atau roda dua dengan menerapkan mekanisme pembiayaan murābaḥah. Penelitian ini menggukan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus dengan tujuan untuk mengetahui penerapan akad murābaḥah pada produk pembiayaan BSI OTO di Bank Syariah Indonesia KCP Kolaka dan untuk mengetahui tingkat ketertarikan nasabah terhadap produk pembiayaan BSI OTO di Bank Syariah Indonesia KCP Kolaka. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis untuk diberikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan akad murābaḥah pada produk pembiayaan BSI OTO,  merupakan kegiatan jual beli pada harga pokok dengan tambahan keuntungan yang disepakati. Pada saat melakukan akad bank menjelaskan harga pokok barang ditambah keuntungan yang di dapatkan bank kepada nasabah serta menjelaskan jenis dan jumlah barang dengan rinci di awal. Untuk tingkat ketertarikan nasabah terhadap produk pembiayaan BSI OTO, dimana ketertarikan nasabah pada produk ini masih kurang karena kurangnya pengetahuan nasabah terkait produk ini serta kurangnya komunikasi yang dilakukan oleh pihak bank kepada para nasabahnya dalam mempromosikan produk-produk yang ada di Bank Syariah Indonesia KCP Kolaka.

Referensi

Abdullah, Thamrin, dan Sintha Wahjusaputri. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ananda, S. F. D. (2019). Analisis penerapan akad murabahah pada pembiayaan BNI OTO IB Hasanah studi Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Andrianto, dan M. Anang Firmansyah. 2019. Manajemen Bank Syariah (Implementansi Teori dan Praktek), Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media

Aqilah, A. M. (2019). Analisis prosedur pembiayaan BSM OTO di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Wirobrajan Yogyakarta (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto).

Arifin, Z. (2009). Dasar-dasar manajemen bank syariah (7th ed.). Azkia Publisher.

Dewi, S. S. (2019). Mekanisme pembiayaan produk BSI OTO pada Bank Syariah Mandiri Kcp Kaliurang (Skripsi, Universitas Islam Indonesia).

Harahap, A. P., & Saraswati, D. (2020). Bank dan lembaga keuangan lainnya. CV. Jakad Media Publishing.

Iqbal, F. (2018). Penerapan akad murabahah pada BSM OTO di Bank Syariah Mandiri KC Pematangsiantar (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Juneda. 2019. “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan PT. BNI Syariah KC. Parepare”. Jurnal Balanca. Vol. 1. Nomor 2.

Lathief, Ilhamy Nasution Muhammad. 2018. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah, Medan: FEBI UIN-SU Press.

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, A. H., Septiani, R., & Zakariah, M. (2020). ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMBIAYAAN KONGSI PEMILIKAN RUMAHSYARIAH (KPRS) DENGAN AKAD MURᾹBAHAH PADA BNI SYARIAH KCP MIKRO KOLAKA. Jurnal Ekonomi Bisnis Syariah, 3(2), 350-362.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Zakariah, M. A., dkk. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif action research and development (R and D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-30