SISTEM PEMBIAYAAN MENGGUNAKAN AKAD RAH}N DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH MUTIARA HARAPAN JAMAAH KOLAKA”

Penulis

  • Fitri Rahayu Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Muh Iqbal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Abd. Haris Nasution Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

Sistem Pembiayaan Pada Akad Rah}n, KSPPS Mutiara Harapan Jamaah.

Abstrak

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah merupakan salah satu Lembaga Keuangan Mikro yang dalam penerapannya tidak menyimpang dari prinsip syariah. Salah satu Pembiayaan yang ada di KSPPS Mutiara Harapan Jamaah Kabupaten Kolaka yaitu Gadai Syariah dengan menggunakan akad Rah}n. Ar-Rah}n adalah menahan salah satu harta milik peminjam sebagai jaminan atas pinjaman yang diterimanya. Barang yang ditahan tersebut memiliki nilai ekonomis. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, kemudian metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh berasal dari Muharjam, S.Pd,M.Pd selaku Ketua Koperasi, dan Asmaharani, S.Pd selaku Bendahara Koperasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk pembiayaan di KSPPS Mutiara Harapan Jamaah Kabupaten Kolaka yaitu Tabungan wajib/pokok dengan menggunakan akad Mud}a>rabah Musya>rakah, Tabungan suka rela dengan menggunakan akad Wadia>h, Kredit dengan menggunakan akad  Mur}a>bahah, dan Gadai Syariah dengan menggunakan akad Rah}n. Bentuk pembiayaan menggunakan akad Rah}n di KSPPS Mutiara Harapan Jamaah Kabupaten Kolaka sudah sesuai dengan prinsip syariah karena dalam penerapannya sudah sesuai dengan Fatwa DSN No 25/DSN-MUI/VI/2002 tentang Rah}n.

Referensi

Adawiyah, S. R., et al. (2018). Pelaksanaan gadai emas syariah sebagai alternatif pembiayaan di Kota Bandar Lampung. Pactum Law Journal, 1(2), 160-161.

Alim, M. N. (2009). Pembiayaan Syariah (Cet. I). Surabaya: PT Bina Ilmu.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Cet. I). Sukabumi: CV Jejak.

Antoni, M. S. (2001). Bank Syariah: Teori dan Praktek (Cet. I). Jakarta: Gema Insani Press.

Departemen Agama RI. (2009). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Sygma Exagrafika.

Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Tentang Akad Rahn No:25/DSN-MUI/III/2002.

Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Tentang Murabahah No:04/DSN-MUI/IV/2000.

Hidayat, F. (2016). Alternative sistem pengawasan pada koperasi syariah simpan pinjam dan pembiayaan syariah (KSPPS) dalam mewujudkan syariah compliance. Jurnal Mahkamah, 2(1), 385.

Ilyas, R. (2015). Konsep pembiayaan dalam perbankan syariah. Jurnal Penelitian, 9(1).

Kholifah, A. N. (2020). Implementasi akad wadi’ah pada produk simpanan hasanan di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Semarang. Semarang, 5-6.

Lindiawatie, D. S. (2018). Peran Koperasi Syariah BMT Bumi dalam meningkatkan kualitas usaha mikro. Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 2(1), 5.

Muchtar, A. (2015). Fiqh Ibadah dan Muamalah (Cet I). Jakarta: Amzah.

Mufid, M. (2021). Filsafat Hukum Ekonomi Syariah (Cet I). Jakarta: Kencana.

Muhammad, I., & Warsah, I. (2018). Sistem pengembalian pembiayaan mudharabah di Koperasi Jasa Syariah Barokah Curup. Jurnal Mahkamah, 18(1), 130.

Nafik, M. H., & Wahyudi, R. (2018). Manajemen Bank Islam Pendekatan Syariah dan Praktek (Cet. I). Yogyakarta: UAD PRESS.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya (Cet. I). Jakarta: PT. Grasindo.

Rijali, A. (2018). Analisi data kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(3), 94.

Ryandono, M. N. H., & Wahyudi, R. (2018). Manajemen Bank Islam Pendekatan Syariah dan Praktek (Cet. I). Yogyakarta: UAD PRESS.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al Misbah (Cet. IV). Jakarta: Lentera Hati.

Sugiyono, Wandi, et al. (2013). Pembinaan prestasi ekstrakurikuler olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(8), 528.

Usman, R. (2009). Produk dan Akad Perbankan Syariah di Indonesia (Cet I). Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Yuspin, W., & Putri, A. D. (2020). Rekonstruksi Hukum Jaminan Pada Akad Mudharabah (Cet I). Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-30