STRATEGI SEGMENTASI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DI BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU KOLAKA
Kata Kunci:
Bank Muamalat , Strategi Marketing, , Segmentasi PasarAbstrak
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nasabah Bank Muamalat KCP Kolaka, untuk mengetahui strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah nasabah di Bank Muamalat. Dan untuk mengetahui kendala dan solusi diterapkannya segmentasi pasar di Bank Muamalat. Metode penelitian yang di gunakan meliputi Penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian Studi kasus; subyek penelitian yaitu diperoleh dari pimpinan, manajer pemasaran dan nasabah Bank Muamalat KCP Kolaka. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi tahap observasi, wawancara dan dokumentasi; instrument penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi kepada karyawan dan nasabah Bank Muamalat; teknik analisi data berupa pengumpulan data, pengelolaan data dan reduksi data dan penyajian data, display data dan penarikan kesimpulan; pengujian keabsahan data berupa triagulasi data, triagulasi waktu dan triagulasi metode. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Nasabah Bank Muamalat; terbagi menjadi tiga emelen dilihat dari perkerjaan, wilayah dan agama yang memerlukan segmentasi yang berbeda peningkatan sangat signifikan dari 2018 berjumlah 10.540.000 hingga pada tahun 2022 berjumlah 12.957.000. segmentasi dalam pemasaran bank muamalat; sangat penting dalam menarik nasabah, segmentasi pasar yang diterapkan di Bank Muamalat terdari segmentasi berdasarkan Geografis, demografis, Psikografis dan prilaku untuk mencapai target pasar yang diinginkan. Kendala dan solusi penerapan segementasi pasar; jarak yang jauh, kurangnya pemahaman mayarakat mengenai Bank Syariah dan sosialisasi yang kurang maksimal sehingga perlu lebih kembangkan lagi.
Referensi
Aini, Ivanka Mira Nur. Maika, M Ruslianor. “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Lantabur Tebuireng Sidoarjo” Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Voll. V. No.5. 2022.
As’ad, Ajmal. Basamalah, Muhammad syafii. Jamereng Asdar, strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Bank Sulselbar cabang Syariah Makassar,Jurnal Ekonomika, Voll. IV. No. 1. 2020.
Ervina, Erista Lutfi. Azis, Mansur. “Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabunganku Di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Madium” Jurnal islamic Banking and Finance vol. 1, No. 2 desember 2022
Fajri, EM Zul. Senja, Ratu Aprilia. 2008. Kamus lengkap bahasa indonesia Aneka Ilmu bekerja sama Difa Publisher.
Gohae, Menitulo. Dakhil, Paskalis. Dan Duha, Timotius. “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ud. Anisa Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, Vol.2. Nomor 2, Juli 2021
Hamka, Tafsir Al-Azhar jilid 2, 2003. Pustaka Nasional Pte Ltd .Singapura.
haque-fawzi, Marissa Grace. dkk, 2021. Strategi Pemasaran Konsep, Teori Dan Implementasi, Banten: Pascal Books.
Hasil Wawancara Dengan Kepala Pemasaran Bank Muamalat
Hidayah, Nurul. strategi pemasaran produk Mudharabah di KSPPS BMT EL-Labana ngaliyan semarang dalam meningkatkan Jumlah Anggota, Skripsi, (Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo, 2018), hlm 35, (online)
Ikatan Bankir Indonesia, 2018. Memahami Bisnis Bank, Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka.
Indonesia, Republik. 1998. Undang-Undang Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan, Jakarta; Sinar Grafika.
Kotler, Philip. Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Kedua Belas, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. Keller, Kevin Lane. 2009. “Marketing Managemen,” diterjemahkan oleh Benyamin Molan dengan judul Manajemen Pemasaran, Edisi 12, [t.t.]: PT. Indeks.
Laia, Serfasia. dkk “ Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Volume Penjualan di Ud. Lis teluk dalam kabupaten nias selatan” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, Vol. 6.No 2 2021.
Ni’matunnisa, Vie. ”Strategi Segmentasi, Target Dan Posisi Pasar Klinik Aestetik di RS Multazam Medika” jurnal Arsi, Vol.6. No 2.2020.
Nurmaulia, Shelvia Amelinda. Aris, Sunindyo. “Analisis pengaruh kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan nasabah tabungan SIMPEDES pada PT Bank rakyat indonesia(PERSERO), TBK Kantor cabang pattimuru semarang” Jurnal Keunis Majalah Ilmiah, Vol. VII. No.1. 2019.
Puspitasari, Indri. Juliono, “Analisis Segmentasi Pasar Dan Strategi Pemasaran Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Pringsewu”, Jurnal Ilmiah Ekonomi, Vol.10. Nomor 2, 2018.
Putri, M.K. Dkk. “ Analisis Segmentasi Pasar Dalam Penggunaan Produk Viefresh Di Wilayah Sekitar Kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya “ Balance: Economi. Business, Management Vol. XVII. No.2. 2019
Safitri, Alifia widie. Budiantono, bambang. “ analisis segmentasi pasar untuk meningkatkan jumlah nasabah Small Medium Enterprise PT. Bank Syariah Indonesia sawojajar Malang”.Jurnal Economiecs and Business,Voll. II. No.1. 2022.
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, Dan Konstruktif, Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V. Wiratnaa. 2019. Metodelogi Penelitian Bisnis & Ekonomi, Yogyakarta: Pustakabarupress.
Umam, Khaerul. 2013 Manajemen Perbankan Syariah, Bandung: Pustaka Setia.
Usman, Hardius. dkk. 2020. Islamic Marketing, Depok: Raja Pers
Wilantara, Rio F. Susilawati, 2016. Strategi Dan Kebijakan Pengembangan UMKM, Bandung: PT Refika Aditama.
Yulian, Farida. dkk., 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Yusuf, Muhammad Saleh. dan Said, Miah. 2019. Konsep Dan Stategi Pemasaran, Makassar: CV Sah Media.
Zain, Mochamad Zamrozi, M. Yunus. “ Strategi Segmentasi Pasar Untuk Peningkatan Jumlah Nasabah Di Bmt Sidogiri Capem Sempu” Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, Vol 2 No 1. 2021
Zakariah, M. Askari. dkk, 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development, Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.