PENGARUH PELAYANAN E-COMMERCE TERHADAP GAYA HIDUP GENERASI Z DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH
Kata Kunci:
E Commerce, Gaya Hidup, Generasi ZAbstrak
Saat ini banyak bermunculan layanan belanja yang memudahkan masyarakat. Salah satunya situs belanja online (e-commerce) seperti Tik Tok shop, Lazada, Tokopedia dan Shopee. E-commerce merupakan salah satu penunjang sistem penjualan yang dilakukan melalui media elektronik. E-commerce sebagai salah satu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronik yang berfokus pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai media pertukaran barang atau jasa baik. Metode Penelitian yang digunakan meliputi jenis penelitian yaitu penelitian asosiatif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian yaitu mahasiswa Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi observasi, menyebar angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar kuesioner untuk mahasiswa USMAR Kolaka. Teknik analisis datamenggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayan e commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup generasi Z mahasiswa USIMAR Kolaka dengan nilai koefisien regresi variabel pelayanan E commerce bersifat positif sebesar 0,920 yang menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai pelayanan E commerce , maka nilai gaya hidup generasi Z 0,920. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif.