PENGARUH SOSIAL MEDIA E-COMMERCE (TIKTOK, FACEBOOK, INSTAGRAM) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SKINCARE IFHA KOSMETIK KOLAKA

Penulis

  • Ratih Widiasari Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Muhammad Akbar Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Abd Rizal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

Media Sosial E-commerce, Minat Beli

Abstrak

Penelitian membahas tentang pengaruh media sosial e-commerce (tiktok, facebook, instagram) terhadap minat beli konsumen pada produk skincare Ifha Cosmetic Kolaka. Media sosial terbukti menjadi alat promosi bisnis yang sangat efisien, mudah diakses oleh semua orang, dan memperluas jaringan promosi secara signifikan. Tinggi atau rendahnya minat beli konsumen dapat dilihat dari antusiasme konsumen terhadap produk yang dipromosikan, dan salah satu variabel yang dapat merangsang konsumen untuk memiliki minat membeli suatu produk adalah melalui e-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, dapat disimpulkan bahwa media sosial e-commerce memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk skincare di Toko Ifha Cosmetics Kolaka.

Referensi

Ade Fahri, 2022. “Peran media sosial dan e-commerce dalam meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) ditengah pandemic covid-19 pada Alninda Shop cabang”, Jurnal Ekonomix Vol. 10, No. 2,

Devano Emptanusa, 2023. “Pengaruh pengguna e-commerce dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di market place akan produk bisana”, Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-commerce, Vol. 2, No.1.

Ika Puspita Dewi, 2022, “Peingkatan pengetahuan penggunaan skincare pada remaja melalui kegiatan penyuluhan di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo”, Jurnal Empati, Vol. 8, No. 3.

Minarti Indartini, Mutmainnah, 2024 Analisis Data Kuantitatif Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Korelasi dan Regresi Linier Berganda, Cet. I; Klaten: Jawa tengah, Lakeisha.

Mira, Veranita. dan Rini, Susilawati. 2021. “Pemanfaatn platfrom media sosial Instagram sebagai media promosi industry kuliner saat pandemic covid-19 (studi kasus pada akun kolak campur)”. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan. Vol. 17. No. 3.

Muhammad Ri’fan, dkk., 2022, “Analisis pengukuran tingkat kesiapan penerapan e-commerce studi kasus masyarakat desa pantai mekar, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat”, Jurnal Teknologi Bisnis, Vol. 2, No. 1.

Nanda Bella & Wahyono, 2018, “Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Toko Online”, Management Analysis Journal, Vol. 1, No. 3.

Nawiyah, Refanov, dkk., 2023. “Penyebab pengaruhnya pertumbuhan pasar Indonesia terhadap produk skincare local pada tahun 2022”, Jurnal Penelitian Multidisiplin, Vo. 1, No. 12,

Purwanto, 2018. Teknik Penyusunan Uji Validitas dan Realibilitas Penelitian Ekonomi Syariah, Cet. I; Purworejo: Magelang, Staia Press

Santoso, Melisa Gracea, dkk. 2022, “perancang website e-commerce ineed id”, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 14, No. 1.

Sofian, Lusa. dan Onno, Purbo. 2024. Peran e-commerce dalam mendukung ekonomi digital Indonesia. (Cet. I; Yogyakarta: Cv. Andi Offset).

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-25