STRATEGI PEMASARAN PRODUK K-LINK DI MOBILE STOCKIST SITI ALIFAH TOARI

Penulis

  • Diana Puspita Sari Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Hartono Hartono Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • M.Askari Zakariah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Produk K-Link, Mobile Stockist

Abstrak

Pemasaran Produk K-Link merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang marketing yang mempromosikan di bidang kecantikan dan kesehatan tidak luput dari usaha dalam mempertahankan usahanya di tengah persaingan yang sangat ketat seperti saat ini dengan munculnya berbagai lain yang ada ada saat ini. Dalam memasarkan produknya K-Link menerapkan komponen bauran pemasaran 9P (Marketing Mix) produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion), People(orang), (Process), (Phisical Evidence) Bukti fisisik, (Pengemasan), (Strategi tempat). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk K-Link di mobile stockist Siti Alifah Toari. Dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat dari strategi produk K-Link di mobile stockist. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Sedangkan analisis data pada penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan strategi yang digunakan pemilik bisnis produk  K-Link dengan menggunkan strategi pemasaran bauran pemasaran marketing yang terdiri dari strategi produk, strategi tempat, dan strategi promosi di sosial media. Adapun faktor penghambat yaitu kurangnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatannya sendiri. Dan faktor pendukungnya yaitu produk ini dapat di akses di outlet K-Link manapun diseluruh cabang nusantara.

Referensi

Al Qur’an Al Karim

Adhagassani, Fakhriyan. Sefti, 2016. Strategi BauranPemasaran Marketing Mix 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) di Cherryka Bakery” Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Bandung : ALFABETA

Arman, Penerapan. 2015. Model 9P Dimensi Bauran Pemasaran Jasa Perbankan Studi Pada BPR di Propinsi Riau.Produksi terhadap Konsumen”, Jurnal Sosial Humaniora.

Assuari, Sofjan. 2018. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep Dan Strategi Jakarta: PT RAJA GRAFINDO PERSADA

Cahyono, Eko Asrori M., Rochmah Nur. 2014 “ SolusiPengobatanProduk K-Link DenganSistem Pakar” Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Volume 2 Nomor 2.

Dokumen, K-Link. 2010 Buku Induk Perusahaan.

Emzir, 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan : Rajagrafindo persada

Febriana Oni, 2017 Jurnal, Strategi Promosi Pemasaran Vol. 3

Gitosudarmo, Indriyo, 1998. Manajemen Pemasaran Yogyakarta:BPFE

Grace Haque, Marissa. dkk.2021. Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Banten : Pascal Books.

Hamka, 2015. Tafsir AL-Azhar. Jakarta: Gema Insani.

Irrubai, Mohammad Liwa. 2016, Strategi Labeling, Packaging Dan Marketting Produk Hasil Industri Rumah Tangga, vol. 3, no. 1, Sosio Didaktika.

Ismaya, Indah. 2021’’Pengaruh Bukti Fisik Physical Evidence dan Orang People’’ Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Donat Kentang Shifa Sei Belutu’’ Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Jalaluddin. 2010. Psikologi Agama, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kementrian Agama RI. 2014, Al-Qur’an Terjemah dan Tajwid ,Bandung: Sygma Creative Media Corp

Kurniasih, Dewi. 2021 Teknik Anilisis, Bandung ALFABETA

M. IrwanTrias Saputra, Suharyono ,Kadarisman Hidayat, 2016. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 38 No. III.

Moleong Lexy J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukhtar Syukrianti & NurifMuchammad, 2017.“PerananPackaging dalam Meningkatkan Hasil Tim Penyusun, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Jember: IAIN Jember Press

Musyawarah, Irdha, Yanti, dan Desi, Idayanti. 2022 ‘’Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kec. Mamuju’’ Jurnal Ilmiah Iilmu Manajemen, Vol.1, No 1.

Nasution, Nurhayati, “Strategi Perekrutan Anggota Baru K-Link Di Stockist Center padngsidimpuan.

Nurfitria Nissa, Hidaya Retno,2015. Jurnal Omset Penjualan Berdasarkan Jenis Hajatan dan Waktu, No 6

Nurhayaty, Maria. 2022 ‘’Strategi Mix Markeketing Produk Prise, Place, Promotion, Peple, Process, Physicial Evidence 7p di pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis, Vol. 7. No. 2. Jurnal Media Teknologi.

Nurul Huda,2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi Depok:KENCANA Rizal Rusma, 2017. “Analisis Bauran Pemasaran Terhadap OmsetPenjualan Pada PT. Gaudi Dwi Laras Cabang Palembang”, JurnalAdminika, No2.

Rezki, Candra. 2020 ’’ Saluran Distribusi Pada PT. Pandawa Artha Nusantara’’ Semarang Universitas Semarang.

Rijali, Ahmad. 2018 “Analisis Data Kualitatif’’ , Vol.17, No. 33, 2 Jurnal Alhadharah,

Rukajat, Ajat 2018. Pendekatan Penelitian Qualitatif risearch aproach, Yogyakarta.

Saat, Sulaiman 2019, Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Pusaka Almaida

Saragi, Hendri. 2015 ‘’Analisis Strategi Penetapan Harga dan Pengaruhnya terhadap Volume penjualn’’ Pada PT Nutrica Indonesia Sejahtera Medan, Vol. 1.no. 2, Jurnal Ilmiah Mathonomi.

Setyaningrum Ari, Efendi Udayana Jusuf, 2015, Prinsip-prinsip Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Starter Kit K-Link International

Sitorus, Oni Fitriana dan Novelia, Utami. 2017 Strategi Promosi Pemasaran, Jakarta :Uhamka Nusantara.

Sudianto, Totok dan Rismanyah. 2017‘’ Analisis Strategi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan PT HTI Bumi Persada Banyuasin , Vol. 13, Nno.4, Jurnal Wahana Ekonomika.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: SALFABETA, 2008

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

SujarweniWiratna, 2019. “Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi”, Cet.1: Yogyakarta, Pustaka Baru Press

Tantri, Dr. Francis. 2009, Pengantar Bisnis, Jakarta: Rajawali Pers

Wardiningsih Sri Suprihatmi, Susanti Retno. 2017. “Pengaruh Modal Kerja,Aset, Dan Omset Penjualan Terhadap Laba UKM CateringDi Wilayah Surakarta”, JurnalPerilaku dan Stratei Bisnis, No 1.

Wawancara, Hariaji Member Mobile Stokist Siti Alifah Toari, Toari,11july 2023.

Widharta Pratama Willy, 2013. “Penyusunan Strategi dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai”, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, No1.

Yunilawati, 2013.“Analisis Omset Penjualan Keripik Pisang Agung UD Nikmat Rasa Lumajang Tahun 2009-2013”,Artikel Ilmiah Mahasiswa, Yanti, Irda, 2019, Jurnal Analisis Strategi Pemasaran, No

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-15