ANALISIS EKOSISTEM HALAL VALUE CHAIN PADA UMKM KABUPATEN KOLAKA(Studi Kasus Usaha Kuliner Ayam Geprek Jackpot)
Kata Kunci:
Ekosistem Halal, Value Chain, UMKMAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan ekosistem halal value chain pada UMKM Kabupaten Kolaka studi usaha kuliner Ayam Geprek Jackpot? Dan Bagaimana penerapan ekosistem halal value chain memberi nilai tambah pada usaha kuliner? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah telah diterapkan ekosistem halal value chain pada usaha kuliner Ayam Geprek Jackpot dan untuk mengetahui apakah penerapan ekosistem halal value chain dapat memberi nilai tambah pada produk.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mana sumber datanya adalah pemilik usaha kuliner Ayam Geprek Jackpot dan konsumennya sebagai data primer dan data sekunder berupa dokumen jaminan halal bahan baku, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data fishbone analysis serta menggunakan aplikasi analisis data kualitatif Nvivo yang kemudian data disesuaikan dengan analisis sesuai halal value chain dan ditarik kesimpulannya.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa usaha kuliner Ayam Geprek jackpot yang belum terdaftar sertifikasi halal tetap menjamin halal produknya dengan menerapkan ekosistem halal value chain,yang mana menjamin sumbet bahan baku (input), menjaga proses pengelolaan produk (produksi) dan menjamin produk hingga ke tangan konsumen (pemasaran). Sedangkan dari perspektif konsumen dengan menerapkan halal value chain dapat memberi nilai tambah pada produk, sehingga memiliki keunggulan kompetitif.
Referensi
Adawiyah, Arabiatul, dkk. 2023. Analisis Value Chain Dan Penerapannya Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Perusahaan (Studi Kasus: Rotte Bakery). Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering, Vol. III No. 2.
Anugerah, Widiansyah. 2023. Apa Itu Nilai Tambah, Pentingnya Memahami Nilai Tambah. Online. https://www.localstartupfest.id/faq/apa-itu-nilai-tambah/. Akses 10 Agustus 2023.
Ashari, Ria. 2019. Analisis Nilai Tambah Pemasaran Ayam Broiler Di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol.III, Nomor. 1.
Djuniardi, Dede, dkk. 2022. Kewirausahaan UMKM. Cet. I: Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Dwiyono, Kisroh. 2019. Agroindustri. Cet. II: Jakarta: Lembaga Penerbitan Universitas Nasional.
Effendi, Kharisya Ayu. 2023. Analisis Transformasi Halal Awerness dan Teknologi Blockchain Terhadap Penguatan Halal Value Chain di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol. IX No. 3.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika:Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 21. No. 1.
Kusuma, Ekawati Wahyu, dkk. 2020. Analisis Pengadaan Bahan Baku Dan Nilai Tambah Agroindustri Keripik Ubi Kayu Di Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. JIIA. Vol.VIII, No. 1.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Medan Area, Value Added: Definisi, Manfaat dan Contoh Penerapannya, (Online). https://lp2m.uma.ac.id. Akses: 08 Agustus 2022.
Liaqat, Iman Ali. 2023. State of the Global Islamic Economy Report. https://www.dinarstandard.com/post/state-of-the-global-islamic-economy-report-2023. Akses: 26 Desember 2023
Muhlisin, dkk. 2022. Analisis Literasi Ekonomi Syariah dan Ekosistem Halal Value Chain Terhadap Perkembangan Ekonomi Syariah Pondok Pesantren di Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. VIII No. 3.
Nasih, Ahmad Munjin, dkk. 2022. Fikih Biomassa: Hukum Limbah Kotoran Hewan dan Pemanfaatannya. Cet. I: Surabaya: Arti Bumi Intaran.
Nisa, Siti Maemanatun & Muhammad Alif. 2020. Pengembangan Ekonomi Syariah Melalui Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Desa Tanjung Anom Kecamatan Mauk. Cet. I: Banten: Penerbit 3M Media Karya Serang.
Nurlaela, dkk. 2021. Produk Halal: Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen. Cet. I: Makasaar: Pusaka Almaida.
Pahlepi, Reza. 2022. Konsumsi Produk Halal Tiap Sektor Indonesia Diproyeksikan Meningkat pada 2025. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/15/konsumsi-produk-halal-tiap-sektor-indonesia-diproyeksikan-meningkat-pada-2025. Akses 15 Maret 2022.
Sriwana, Iphov K, dkk. 2022. Analisis Nilai Tambah Untuk Meningkatkan Keberlanjutan Rantai Pasok Agroindustri Kopi Menggunakan Hayami. Jurnal Integrasi Sistem Industri. Vol. IX, No. 2.
Sukoso, dkk. Ekosistem Industri Halal. Cet. I: Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah - Bank Indonesia.
Surur, Achmad Tubagus. 2022. Perkembangan Industri Halal Indonesia. Cet. I: Pekalongan: Scientist Publishing.
Suseno, Agustin, dkk. 2020. Analisis Value Chain Management Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia. Jurnal Teknik Sistem dan Industri. Vol. I. No. 1.
Yulia, Lady. 2020. Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bimas Islam. Vol. VIII, No. 1.
Zakiyah, dkk. 2023. Analisis Halal Value Chain Pada Pengembangan Produk Wisata Halal Makam Habib Basirih Di Kota Banjarmasin. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah. Vol IX. No. 1.