PENGARUH GAYA HIDUP, LABEL HALAL DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Pada Toko Ifha Kosmetik Cabang 01 Kolaka)
Kata Kunci:
Gaya Hidup, Label Halal, Iklan, Keputusan Pembelian, Kosmetik Wardah, Toko Ifha Kosmetik Cabang 01, KolakaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu apakah gaya hidup, label halal dan iklan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah?, serta variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah gaya hidup, label halal dan iklan memiliki pengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah, serta variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 58 responden yang merupakan pelanggan toko Ifha Kosmetik Cabang 01 Kolaka. Teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas serta uji signfikansi yang meliputi uji parsial, uji simultan, uji koefisien determinasi dan uji regersi linear berganda.
Dari hasil uji T parsial menunjukkan bahwa gaya hidup, label halal dan iklan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah dengan nilai Thitung>Ttabel yakni variabel gaya hidup (2,803>2,005), label halal (5,768>2,005) dan iklan (7,160>2,005). Sedangkan dari hasil uji F Simultan juga menunjukkan hasil yang positif bahwa secara bersama-sama variabel gaya hidup, label halal dan iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah dengan nilai Fhitung>Ftabel yaitu 25,236>2,78. Adapun variabel independen yang paling berpengaruh menunjukkan bahwa berdasarkan uji parsial, variabel iklan memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan variabel independen lainnya.
Referensi
Al-Qur’an Al-Karim.
Adianti, N. Siti & Febrima Ayuningrum. 2023. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah, Jurnal Alfatih Global Mulia, Vol. 5. Nomor 1.
Amalia, Euis. dkk. 2023. Penguatan UKM Halal di Indonesia: Sebuah Pendekatan Ekosistem Ekonomi Syariah. Cet. I: Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Andarini, Mayagustina. 2020. A-Z Notifikasi Kosmetika di Indonesia. Jilid I; Jakarta: Direktorat Registrasi Obat Tradisional, Suplemen dan Kosmetik.
Andrian, dkk. 2022. Perilaku Konsumen. Cet. I: Malang: Penerbit Rena Cipta Mandiri.
Ariyono, Y. Kurniawan, dkk. 2023. Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli Ulang Kosmetik Wardah, Vol. 3. Nomor 2
Azizah, N. Siti. 2019. Politik Hukum: Produk Halal di Indonesia. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
DataIndonesia.id, 2022. Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Agama pada 2022. (Online) https://dataindonesia.id/varia/detail/mayoritas-penduduk indonesia-BERAGAMA-ISLAM-PADA-2022. Akses: 04 November 2022.
Erwin, dkk. 2021. Keputusan Pembelian Interaktif. Cet. I; Yogyakarta: Deepublish.
Firmansyah, Deri dan Dede. 2022. Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literatur Review, Jurnal Pendidikan Holistik, Vol. 1. Nomor 2.
Furqoniah, Finnah & Muhammad Aransyah. 2020. Buku Ajar Periklanan. Cet. I: Klaten: Penerbit Lakeisha.
Kementerian Agama Republik Inonesia. 2019. Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung: Cordoba.
Keputusan Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 80 Tahun 2022, Tentang Produk dan/atau Bahan yang Harus Dilakukan Uji Laboratorium, Menimbang dan Mengingat.
Klisman, Ronaldo. 2021. Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Safi: Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau: Skripsi.
Kurniawan, Dimas, dkk. 2021. Perbandingan Perilaku Konsumen Tentang Produk Tanpa Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Menurut Perspektif Islam, Islamic Economics Review Journal, Vol. 1. Nomor 1.
Kurniawan, Gogi. 2021. Buku Monograf: Pengaruh Life Style dan Brand Image Terhadap Minat Beli Iphone 11. Cet.I; Surabaya: CV. Mitra Abisatya.
Lubis, H. Syarifah. 2019. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembeli (Studi Kasus Pada Roti Ganda di Pematangsiantar). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara: Skripsi.
Lutfika, Evrin, dkk. 2023. Buku Panduan Pendamping PPH: Proses Produk Halal. Cet. I; Jakarta: Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah.
Nainggolan, T. Nana dkk. 2020. Perilaku Konsumen di Era Digital. Cet. I; Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ningsih, R. Ekawati. 2021. Perilaku Konsumen: Pengembangan Konsep dan Praktek dalam Pemasaran. Cet. I; Yogyakarta: IDEA Press.
Ningsih, R. Fitri. 2020. Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Toko Sejati Cosmetic di Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Universitas Islam Riau: Skripsi.
Nugraha, P. Jefri, dkk. 2021. Teori Perilaku Konsumen. Cet. I; Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.
Nugraheni, P.N.A. 2003. Perbedaan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja Ditinjau Dari Lokasi Tempat Tinggi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dalam, Nurul Yusna Yunus. 2021. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Manado. IAIN Manado: Skripsi.
Nurlaela, dkk. 2023. Produk Halal: Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen. Gowa: CV. Berkah Utami.
Nurzanah, Nunung, dkk. 2021. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bulog Kantor Cabang Makassar, Movere Journal, Vol. 3. Nomor 2.
Panuju, Redi. 2019. Komunikasi Pemasaran: Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi, Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Pelene, Evangeline & Suardi. 2022. Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Mr.D.I.Y di Kota Poso, Jurnal Edukasi, Vol. 8. Nomor 5.
Putri, D. Shinta, dkk. 2022. Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Kasus Mini Market Mutiara Indah Talang Kelapa Palembang, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah, Vol. 2. Nomor 1.
Rahmi, Maisyarah. 2021. Maqasid Syariah Sertifikasi Halal. Cet. I; Palembang: Bening Media Publishing.
Rosita, Esi, dkk. 2021. Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Proposal, Jurnal Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan, Vol. 4. Nomor 4.
Sahir, H. Syafrida. 2021. Metodologi Penelitian. Cet. I; Yogyakarta: Penerbit IBM Indonesia.
Sari, S. Meita dan Muhammad Zefri. 2019. Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan di Lingkungan Kecamatan Langkapura, Jurnal Ekonomi, Vol. 21. Nomor 3.
Sari, S. Novita. 2021. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru: Skripsi.
Sari, Tiara. 2020. Pengaruh Gaya Hidup, Atribut Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Vanilla Hijab. UIN Syarif Hidayatullah: Skripsi.
Shihab, Q. Muhammad. 2002. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Cet. I: Jakarta: Lentera Hati.
Siswanto, H. Abdul dan Nurul Haniza. 2021. Periklanan: Konsep dan Teori. Jakarta: Universitas Sahid.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukendro, G. Greg, dkk. 2020. Buku Ajar: Manajemen Iklan. Cet. I; Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanegara.
Syarifuddin dan Ibnu Al Saudi. 2022. Metode Riset Praktis Regresi Berganda Menggunakan SPSS. Palangkaraya: Bobby Digital Center.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Cet. I; Jakarta: Prenadamedia Group.
Zahriyah, Aminatus, dkk. 2021. Ekonometrika: Teknik dan Aplikasi dengan SPSS, Cet. I; Jember: Mandala Press
Zakariah & Askari Zakariah. 2021. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Skripsi, Tesis dan Disertasi. Cet. I; Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.
Zusrony, Edwin. 2021. Perilaku Konsumen di Era Modern. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.