STRATEGI PEMASARAN PRODUK DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH MUTIARA HARAPAN JAMAAH

Penulis

  • Nirmalasari Universitas Sains Islam Al mawadda warahma kolaka Penulis
  • Muhammad Asra Universitas Sains Islam Al mawadda warahma kolaka Penulis
  • Rina Nurafifah Universitas Sains Islam Al mawadda warahma kolaka Penulis

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran Produk

Abstrak

Penelitian ini peneliti fokus pada model strategi pemasaran produk KSPPS Mutiara Harapan Jamaah dalam upaya meningkatkan jumlah anggota serta pengalaman dan persepsi anggota terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS Mutiara Harapan Jamaah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana model strategi pemasaran produk pada KSPPS Mutiara Harapan Jamaah dalam meningkatkan jumlah anggota dengan metode analisis Quantitative Strategic Planning Matriks? Bagaimana pengalaman dan persepsi anggota saat ini terhadap strategi pemasaran produk yang diterapkan oleh KSPPS KSPPS MUHARJAM? Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui model strategi pemasaran produk pada KSPPS Mutiara Harapan Jamaah dalam meningkatkan jumlah anggota dengan metode analisis Quantitative Strategic Planning Matriks (QSPM), dan pengalaman serta persepsi anggota sata ini terhadap strategi pemasaran produk yang diterapkan oleh KSPPS MUHARJAM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan  dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matriks (QSPM). Adapun dari hasil analisis QSPM, dari dua belas alternatif strategi yang dihasilkan pada analisis SWOT, terdapat satu alternatif strategi yang diprioritaskan untuk di diimplementasikan oleh KSPPS Mutiara Harapan Jamaah yaitu Menonjolkan keunggulan tidak ada potongan produk tabungan dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memperluas jangkauan pemasaran dengan total nilai TAS tertinggi yaitu 5,701. Persepsi dan pengalaman anggota cukup baik, anggota merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, pengelola ramah dalam melayani anggota dan informasi terkait KSPPS MUHARJAM mudah diakses.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-25

Versi