PENGARUH HARGA, FASILITAS, DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PELANGGAN PADA KAFE THE SCOOP KOLAKA)
Kata Kunci:
Harga, Fasilitas, Emosional, Kepuasan Pelanggan, UMKM, Kafe The Scoop KolakaAbstrak
Menjamurnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal sektor kuliner di Kabupaten Kolaka merupakan suatu tantangan yang nyata bagi para pelaku usaha yang bergerak di bidang tersebut. Terlibat dalam perkembangan zaman yang kian juga berefek pada perilaku konsumen, lebih baik memiliki metode pertahanan dengan menyiapkan garda strategi-strategi tepat yang dapat memicu kepuasan pelanggan sehingga tetap survive pada kancah UMKM lokal. Akibatnya para pelaku usaha UMKM sektor kuliner harus mempertahankan faktor-faktor yang tentunya berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu faktor seperti harga, fasilitas, dan emosional akan disubtitusikan menjadi hal yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan pada salah satu UMKM lokal yakni kafe The Scoop Kolaka. Pendekatan penelitian ini yakni kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Melakukan beberapa uji kualitas data meliputi uji validitas dan reliabilitas, kemudian uji asumsi klasik meliputi uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, lalu uji hipotesis yang memuat analisis regresi lienar berganda, analisis koefisiean determinasi, uji pengaruh parsial (uji t), uji pengaruh simultan (uji f). Berdasarkan serangkaian uji yang telah dilaksanakan membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara harga, fasilitas dan emosional secara parsial maupun secara simultan terhadap pengaruh kepuasan pelanggan kafe The Scoop Kolaka.
Referensi
Al-Qur’an Al-Karim.
Andrian, & Nilasari, P. (2023). Penerapan Pelayanan Prima Islami dan Manajemen Berbasis Keamanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Sektor Publik. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.
Ar, S. (2022). Manajemen Keuangan. Boyolali: CV. Nimetler Mediatama.
Arifin, S., Anisa, N. A., & Utomo, P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Ahass Daya Motor Surabaya. Journal on Education.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS, dan AMOS. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Ciputra, I. U. (2022). Informatika Ciputra. Diambil kembali dari Uji Normalitas dan Penelitian Kuantitatif: https://informatika.ciputra.ac.id/2022/12/uji-normalitas-dan-penelitian-kuantitatif/
Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Gowa: Global Research and Consulting Institue (Global - RCI).
Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. Sleman: Deepublish Publisher.
Fatimah, S., Soumena, M. Y., Nurhayati, S., Gasali, I., & Makkulau, A. R. (2023). Penetapan Harga Menurut Ibnu Taimiyah. Al-Rikaz: Jurnal Ekonomi Syariah.
Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.
Hudalloh, M. N., & Rochdianingrum, W. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Jam Tangan Online Classicwatches.idn. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
J, G. W., & Yulianthini, N. N. (2022). Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Tri Jay’s Salon dan SPA di Singaraja. Jurnal Manajemen.
Khairunnisa, & Inayatillah. (2023). Pengaruh Kedekatan Emosional dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah pada BSI KCP 1 Ulee Kareng Banda Aceh. Global Journal of Islamic Banking and Finance.
Maliky, I. (2023). Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah tentang Penetapan Harga dalam Distribusi Produk Air Minum Kemasan (AMDK) A3 Fresh O2. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah.
Melia, Y., Ardiansyah, R., Marlin, K., & Novriful. (2023). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Hotel New Resty Menara di Kota Pekanbaru). Jurnal Ilmiah Manajemen.
Nabiela, N. (2023). Pemahaman Konsumsi Islam, Kemudahan Mengakses dan Promosi Terhadap Pembelian Impulsif Mahasiswa Muslim pada Shopee. Islamic Economics and Finance in Focus.
Nurhayati, S., & Wasilah. (2019). Akuntansi Syariah. Jagakarsa: Salemba Empat.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Relaibilitas untuk Penelitian Ekonomi Syariah. Purworejo: Staia Press.
Puspita, J. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Pola Konsumsi Ibu Rumah Tangga (Studi Kasus di Chuster Mata Air Bandar Lampung. Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA).
Ritonga, H. M., Pane, D. N., & Rahmah, C. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Honda IDK 2 Medan. Jurnal Manajemen Tools.
Rohman, M. A. (2024). Sekolah Stata. Diambil kembali dari Pengertian R Tabel beserta Penggunaannya untuk Uji Validitas: https://sekolahstata.com/r-tabel/
Ronash, M. Y., & Widhiastuti, H. (2021). Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen. Philanthropy Journal of Psychology.
Sajidah, K. (2022). Hubungan Tawakal dan Ikhtiar dalam kehidupan Bermasyarakat Perspektif Hadis: Studi Takhrij dan Syarah Hadis. CATAH: Conference Article of Takhrij Al-Hadith.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2012). Al-Lubab Makna, Tujuan dan Pelajaran dari Surah-Surah Al Qur’an. Tangerang: Penerbit Lentera Hati.
Suhardi, Y., Zulkarnaini, Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi (JEMI).
Sumarsid, & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress.
Wahyuningrum, S. R. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset dan Pengembangan). Pamekasan: IAIN Madura Press.
Warsioto, C. (2021). Loyalitas Pelanggan Terhadap Merek Toko Islami. Purwokerto: STAIN Press.
Wiryada, H. G. (2023). QS. Az-Zalzalah Ayat 7 & 8: Kepuasan, Promosi, Pelayanan, dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Ayat dan Hadits Ekonomi.