PENGARUH PENGGUNAAN FITUR SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI KABUPATEN KOLAKA

Penulis

  • Dini Kusumawati kusumawati Anggraeni Universitas Sains Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • M Zakariah Universitas Sains Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Abd.Rizal Universitas Sains Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Aiedil Pebri Suwarna Universitas Sains Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

perilaku konsumtif, shopee paylater, mahasiswa

Abstrak

Shopee Paylater merupakan salah satu fasilitas keuangan yang disediakan oleh platform e-commerce Shopee, memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara cicilan. Fitur ini semakin diminati di kalangan mahasiswa karena kemudahan akses dan proses yang cepat. Meskipun menawarkan sejumlah manfaat, penggunaan Shopee Paylater juga menimbulkan dampak negatif, terutama dalam meningkatkan perilaku konsumtif di kalangan pengguna, khususnya mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan fitur Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kabupaten Kolaka. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa di Kabupaten Kolaka, dengan sampel sebanyak 90 responden yang dipilih menggunakan teknik insidental sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana serta uji T. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan Shopee Paylater dan perilaku konsumtif, dengan nilai signifikansi 0,00 yang lebih kecil dari 0,05. Selain itu, uji T menunjukkan hasil yang konsisten, dengan nilai signifikansi 0,00 yang mengindikasikan penolakan hipotesis nol (Ho) dan penerimaan hipotesis alternatif (Ha), yaitu bahwa penggunaan Shopee Paylater memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku konsumtif mahasiswa. Dengan demikian, penelitian ini mengonfirmasi bahwa penggunaan fitur Shopee Paylater secara signifikan berkontribusi pada peningkatan perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa di Kabupaten Kolaka.

Referensi

Aisyah, L., & Achiria, S. (2019). Usaha bisnis e-commerce perspektif ekonomi Islam (Studi pada bisnis @lisdasasirangan). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(2), 187–200.

Anggraeni, E. Y., et al. (2022). Buku ajar e-business & e-commerce. Penerbit Adab.

Gunawan, D. (2022). Keputusan pembelian konsumen marketplace Shopee berbasis social media marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.

Hardika, R. E. B., & Huda, A. M. (2021). Pengalaman pengguna Paylater mahasiswa di Surabaya. Commercium, 4(2), 21.

Lidwina, A. (2020, December 23). Masyarakat paling banyak menggunakan PayLater di Shopee. Databoks. Retrieved July 12, 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/23/masyarakat-paling-banyak-gunakan-fitur-paylater-di-shopee

Sari, R. (2021). Pengaruh penggunaan PayLater terhadap perilaku impulse buying pengguna e-commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 7(1), 44–57.

Setiawan, A. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada pembelian produk online shop pada mahasiswi angkatan 2016 FIP Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi FIP Unesa, 6(4), 1–6.

Shopee. (2023). Bagaimana cara saya verifikasi identitas? Retrieved July 19, 2023, from https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimanacara-Saya-Verifikasi-Identitas

Shopee. (2023). Bagaimana cara saya verifikasi identitas? Retrieved July 19, 2023, from https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimanacara-Saya-Verifikasi-Identitas

Suwarna, A. P., & Nur, M. (2024). Analisis kinerja keuangan pada perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2020–2022. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 4(1), 211–223.

Tamarindang, B., Mananeke, L., & Pandowo, M. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di Bank BNI Cabang Manado. Jurnal Emba, 5(2), 1602.

Wahyuni, S., & Sutrismi, S. (2022). Analysis of online buying and selling transactions through the Shopee application based on Islamic economic perspective. Journal Point of View Research Management, 3(1), 43–44.

Wardani, L. M. I., & Anggadita, R. (2021). Konsep diri dan konformitas pada perilaku konsumtif remaja. PT Nasya Expanding Management.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-30