ANALISIS KECENDERUNGAN MASYARAKAT MUSLIM DI KELURAHAN ULUNGGOLAKA BERTRANSAKSI PADA BANK KONVENSIONAL (STUDIKASUS KELURAHAN ULUNGGOLAKA KECAMATAN LATAMBAGA KABUPATEN KOLAKA PROVINSI SULAWESI TENGGARA)

Penulis

  • Erna Anggriana Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • M. Askari Zakariah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Andi Faisal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis
  • Sutrisno Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Penulis

Kata Kunci:

transaksi, bank konvensional, masyarakat muslim

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kecenderungan masyarakat muslim lebih memilih bertransaksi pada bank konvensional dibandingkan bank syariah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa faktor yang mempengaruhi masyarakat muslim di kelurahan ulunggolaka cenderung bertransaksi pada bank konvensional? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor apa saja yang mengakibatkan sehingga masyarakat muslim di kelurahan ulunggolaka lebih memilih bertransaksi pada bank konvensional. Metode penelitian yang digunakan meliputi penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan; subyek penelitian yaitu diperoleh dari masyarakat kelurahan ulunggolaka. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi tahap observasi, wawancara dan dokumentasi; instrumen penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi kepada masyarakat kelurahan ulunggolaka; teknik analisis data berupa pengumpulan data, pengolahan data, reduksi data dan penyajian data, display data dan penarikan kesimpulan; pengujian keabsahan data berupa triangulasi data, triangulasi waktu dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan dengan adanya sosialiasi/promosi dari pihak bank syariah dapat membuat masyarakat muslim lebih berminat untuk bertransaksi pada bank syariah serta memperbanyak kantor cabang/unit di berbagai daerah. Hal yang menyebabkan masyarakat muslim cenderung bertransaksi pada bank konvensional karena bank syariah belum tersebar di berbagai daerah, kurangnya pemahaman masyarakat tentang bank syariah dan sosialisasi yang masih kurang sehingga harus lebih mengembangkan dan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Referensi

Asrahmaulyana, A. (2021). Kecenderungan Minat Transaksi Pedagang Terhadap Bank Konvensional Dibanding Bank Syariah. Jurnal Iqtisaduna, 7(2), 218-237.

Dayyan, M., Riza, M., & Ridwan, A. (2019). Analisis Pemahaman Masyarakat Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1-6.

Hafisdzi, M. K., et al. (2022). Literature review pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap pengambilan keputusan pembelian. Vol. 1, No. 1, 206.

Hayati, L. A. (2023). Analisis keputusan masyarakat menabung di bank syariah dan bank konvensional. Jurnal Locus: Penelitian dan Pengabdian, 2(2), 109.

Lubis, D., et al. (2022). Pengaruh pelayanan dan merek perusahaan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan di Bank Sumut Syariah Stabat. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 22.

Ningsih, E. R. (2021). Perilaku konsumen pengembangan konsep dan praktek dalam pemasaran (Cet. 1). Yogyakarta: Idea Press

Salim, et al. (2012). Metode penelitian kuantitatif, konsep dan aplikasi dalam ilmu sosial, keagamaan dan pendidikan (Cet. 5). Bandung: Citapustaka Media.

Yaya, R., et al. (2021). Akuntansi perbankan syariah teori dan praktik kontemporer (Cet. 6). Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30